Selasa, 20 Desember 2011

Perkembangan anak usia SMP


Selama di SMP/ MTs seluruh aspek perkembangan manusia yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik mengalami perubahan sebagai masa transisi dari masa anak-anak menjadi masa dewasa. Masa remaja dan perubahan yang menyertainya merupakan fenomena yang harus di hadapi oleh guru. 
a. Perkembangan aspek kognitif
rajoo T.V (1986) menyatakan bahwa aspek kognitif meliputi fungsi intelektual seperti pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan berpikir. Untuk siswa SMP perkembangan kognitif utama yang dialami adalah formal operasional, yang mampu berpikir abstrak dengan menggunakan simbol-simbol  tertentu atau mengoperasikan kaidah-kaidah logika formal yang tidak terikat lagi oleh objek-objek
yang bersifat konkrit, seperti peningkatan kemampuan analisis, kemampuan mengembangkan suatu kemungkinan berdasarkan dua atau lebih kemungkinan yang ada, kemampuan menarik generalisasi
dan inferensasi dari berbagai kategori objek yang beragam. Selain itu ada peningkatan fungsi intelektual, kapabilitas memori dalam bahasa dan perkembangan konseptual. Dengan kata lain, bahasa merupakan salah satu alat vital untuk kegiatan kognitif.
b.      Perkembangan aspek afektif
Menurut Arajoo T.V (1986), ranah afektif menyangkut perasaan, modal dan emosi. Perkembangan afektif siswa SMP mencakup proses belajar perilaku dengan orang lain atau sosialisasi. Sebagian besar sosialisasi berlangsung lewat pemodelan dan peniruan orang lain.
c.       Perkembangan psikomotorik
Wuest & Combardo (1974) menyatakan bahwa perkembangan aspek psikomotorik seusia SMP ditandai dengan perubahan jasmani dan fisiologis sex yang luar biasa. Salah satu perubahan luar biasa tersebut adalah perubahan pertumbuhan tinggi badan dan berat badan, sering menganggap diri mereka serba mampu, sehingga seringkali mereka terlihat “tidak memikirkan akibat” dari perbuatan mereka, dan kadang mengalami proses pencarian jati diri.

3 komentar:

  1. Artikelnya bagus..
    namun, akan lebih sempurna lagi bila dalam artikel tersebut diberi kiat-kiat untuk menghadapi adik/saudara yang kebetulan masih SMP yang cenderung labil dari segi psikisnya sehingga kita bisa membentuk kepribadian anak menjadi pribadi yang baik secara personal dan menjadi pribadi yang extrovert.

    BalasHapus
  2. waw sesuai ini dengan pendidikan berkarakter yang di galakkan pemerintah
    Sesuai untuk pengajaran biar muridnya tidak bosan juga dan guru jadI AKTIF.
    HE........

    Bu imru, untuk model active learning bagaimana ?

    Apakah cocok untuk smp ?

    gmana ya bu ?

    BalasHapus
  3. terimakasih komentarnya...untuk Novia : terimaksih sarannya,,,bisa untuk tambahan....bagus juga saran anda...
    untuk Bapak Rozik :bapak ini bagaimana??? perasaan bapak yang ngasih tw saya...kok bapak malah balik tanya ke saya....tapi menurut saya pak,, bisa saja anak SMP metode pengajarannya menggunakan pembelajaran aktif..tergantung siswa-siswanya,,memang sebagian besar anak SMP belum pandai berbicara aktif di depan atau presentasi di depan teman-temannya,,namun dengan penerapan metode aktif akan membuat siswa belajar untuk berpendapat di depan teman-temannya sehingga akan membuat siswa aktif nantinya....

    BalasHapus