Senin, 26 Desember 2011

Keterampilan mengkomunikasikan


Yang dimaksud dengan keterampilan mengkomunikasi disini adalah keterampilan untuk menyampaikan apa yang ada didalam pikiran dan perasaan kepada orang lain, baik secara lisan maupun secara tertulis. Keterampilan komunikasi memang perlu dikembangkan karena merupakan keterampilan yang sangat penting untuk memupuk kemampuan siswa demi hari depannya.

Keterampilan ini juga merupakan suatu kebutuhan yang hakiki bagi setiap anak untuk menyampaikan apa yang mereka ketahui kepada orang lain dalam rangka pengembangan aktualisasi diri maupun pengembangan ilmu pengetahuan.
Keterampilan komunikasi lisan dapat dikembangkan secara dini pada diri anak melalui berbagai cara. Salah satu yang efektif adalah member kesempatan kepada mereka untuk bekerja kelompok, diskusi kelompok, dan menyampaikan hasil diskusinya kepada kelas. Teman sebaya merupakan mitra yang sangat efektif untuk mengembangkan keterampilan komunikasi secara verbal karena selama proses berlangsung boleh dikatakan tidak ada hambatan psikologis. Bandingkan misalnya suatu komunikasi antara guru dengan siswa, dimana siswa biasanya mengalami hambatan psikologis karena takut ketahuan bodohnya.

Komunikasi memang merupakan proses yang sangat penting dalam pengembangan diri anak, karena mereka akan mendapatkan banyak masukan maupun pengetahuan dari orang lian, memperoleh perbaikan terhadap konsepsinya serta kemampuan sosialnya.
Keterampilan mengkomunikasi tertulis dapat berbentuk tulisan, grafik maupun gambar-gambar. Pengembangan keterampilan ini memerlukan bantuan dan fasilitas dari pihak sekolah dan guru. Mereka membutuhkan ruang pameran, dinding untuk menempel karyanya, alat-alat seperti kertas, tinta warna, cat dan sebagainya yang mungkin tidak mampu ditanggulangi oleh anak-anak.

Karya tulisnya tidak harus dalam bentuk karya tulis ilmiah tetapi dapat berbentuk esei bebas, bahkan dapat berbentuk puisi. Pameran yang diselenggarakan oleh sekolah pada setiap akhir semester misalnya sangat mungkin merupakan saat yang ditunggu-tunggu siswa untuk dapat menampilkan kehebatannya. Maka tugas guru dalam hal ini adalah memberikan motivasi, pengarahan, mengorganisasikan serta memberikan kemudahan agar semua bentuk keterampilan proses dapat berkembang pada diri siswa sesuai dengan tingkat kedewasaannya.

2 komentar:

  1. keterampilan komunikasi sangat dibutuhkan dalam berbagai situasi. Semua yang ada dalam pikiran kita apabila bisa dimengerti oleh orang lain dengan cara kita mengkomunikasikannya. Seorang guru harus punya kemampuan ini, kalau belum maka harus dilatih mulai dari sekarang. Blognya bagus, warna biru.....

    BalasHapus
  2. komunikasi untuk anak sangatlah penting terutama dimasa perkembangannya psikologisnya. tetapi ada sebagian anak yang masih merasa takut dan ragu untuk mengkomunikasikan pendapatnya. lantas motivasi yang seperti apa yang sebaiknya diberikan agar anak bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar...???

    BalasHapus